Kunjungan Sekretaris Badan PPSDMP Kementerian Pertanian

By Admin

nusakini.com - Sekolah Menengah Kejuruan - Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Banjarbaru mendapatkan kunjungan orang penting dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) yaitu Sekretaris Badan (Sesba) PPSDMP, Bapak Momon Rusmono.

Kedatangan orang nomor 2 di BPPSDMP Kementan ini dalam rangka kunjungan dan pengarahan kepada unit pelaksana teknis (UPT) BPPSDMP, yang salah satunya ialah SMK-PP N Banjarbaru. Kedatangan Sesba ini dalam rangkaian sebelum melaksanakan kegiatan utama di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, yang juga merupakan salah satu UPT BPPSDMP Kementan di Kalimantan Selatan.

Sekretaris Badan PPSDMP ini datang dan melaksanakan pengarahan dimulai pada pukul 10.00 sd 12.00 yang diikuti oleh semua pegawai di SMK-PP N Banjarbaru, baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataupun pegawai honorer. Pengarahan yang bertempat di aula SMK-PP N Banjarbaru ini berlangsung dengan lancar dan dilanjutkan dengan tanya jawab.

"Kerja di Kementerian Pertanian harus mendukung program dari Kementerian Pertanian yaitu mencapai Kedaulatan Pangan dan kesejahteraan Petani, karena ini merupakan amanat dari Presiden  yang diteruskan kepada Menteri Pertanian dan para pegawainya", kata Sekretaris Badan PPSDMP Kementan.

SMK-PP N Banjarbaru sebagai salah satu UPT BPPSDMP Kementan di daerah tentunya mendukung program dari Kementerian Pertanian tersebut namun dalam bentuk yang berbeda. Menurut Sesba lagi bahwa "SPMA (SMK-PP N Banjarbaru) bertujuan untuk menghasilkan wirausahawan muda dan menghasilkan petani muda untuk meregenerasi petani yang sudah tua".

Pada kesempatan tersebut Sesba juga memeberikan informasi bahwa SMK-PP N Banjarbaru tidak dibebani program khusus pada tahun ini oleh Kementerian Pertanian seperti Pajale (padi, jagung, kedelai) dan Siwab (sapi betina wajib bunting). Maka SMK-PP N Banjar baru lebih diberi amanah untuk menciptakan wirausahawan dan petani muda.

Menurut Kepala Sekolah SMK-PP N Banjarbaru, Bapak Suherman mengatakan,"Kita harus mendukung amanah dari BPPSDMP Kementan dalam menciptakan wirausahawan dan petani muda untuk membantu regenerasi dunia pertanian serta mencapai yang kita harapakan".

Pengarahan Sekretaris Badan Kementan ini walaupun dilaksanakan selama 2 jam, memberikan beberapa manfaat, informasi dan poin penting dan tentunya sebagai sarana tanya jawab bagi para pegawai kepada kebijakan dan aturan yang dilaksanakan oleh BPPSDM dan tentunya Kementerian Pertanian. (pr/eg)